Kebudayaan di Indonesia

  Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai “kultur” dalam bahasa Indonesia.
“Kebudayaan didefinisikan sebagai keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakannya untuk memahami dan menginterprestasikan lingkungan dan pengalamanya, serta menjadi landasan bagi tingkah-lakunya. Dengan demikian, kebudayaan merupakan serangkaian aturan-aturan, petunjuk-petunjuk, rencana-rencana, dan strategi-strategi yang terdiri atas serangkaian model-model kognitif yang dipunyai oleh manusia, dan digunakannya secara selektif dalam menghadapi lingkungannya sebagaimana terwujud dalam tingkah-laku dan tindakan-tindakannya.

  Di indonesia terdapat berbagai macam kebudayaan yang sangat beraneka ragam, yaitu : 

1. Sosial

    Kebudayaan indonesia dapat dipengaruhi oleh keadaan sosial yang ada. keadaan sosial ini sangat berkaitan dengan suku bangsa dan ras. karena banyaknya pulau di indonesia menjadikan negara indonesia memiliki banyak suku bangsa dan ras itu sendiri. tiap suku juga mempunyai keunikan masing.

2.  Teknologi

     Teknologi adalah  semua hal yang diciptakan manusia sebagai alat untuk mempermudah kehidupan. kebudayaan teknologi yang dimaksud adalah budaya masyarakat dalam menemukan sesuatu yang penting sebagai penunjang hidup.

3.  Kesenian

     Budaya indonesia tak lepas dari aspek kenesian daerah. kesenian itu sendiri adalah ekspresi manusia yang bisa dinikmati oleh semua panca indra. di indonesia ada berbagai macam kesenian, yaitu :

  • Bahasa
  • Lagu
  • Tarian
  • Alat Musik

 

 

Sumber : http://farisasbsb.blogspot.com/2009/12/artikel-pengertian-kebudayaan-indonesia.html

                http://www.anneahira.com/macam-macam-budaya.htm

Leave a comment