Perbedaan Antara Organisasi Niaga dan Organisasi Sosial

Organisasi Niaga

Organisasi Niaga adalah organisasi yang mempunyai tujuan utamanya suatu keuntungan dalam organisasi itu sendiri.

Macam – macam Organisasi Niaga:

  1. Perseroan Terbatas (PT)
  2. Perseroan Komanditer (CV)‏
  3. Firma (FA)‏
  4. Koperasi
  5. Join Ventura
  6. Trus
  7. Kartel
  8. Holding Company

Organisasi Sosial

Organisasi sosial adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara. Sebagai makhluk yang selalu hidup bersama-sama, manusia membentuk organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri.

Perbedaan Organisasi Niaga dengan Organisasi Sosial

Menurut wilayah regional :

Organisasi Niaga menurut wilayah regional itu berarti secara kasarnya target pasar mereka atau keuntungan mereka tertuju pada negara-negara pada kawasan tertentu saja dan masih terbatas.

Organisasi Sosial mempunyai wilayah kegiatannya bersifat regional, dan keanggotaan hanya diberikan bagi negara-negara pada kawasan tertentu saja. Berikut ini merupakan contoh dari organisasi sosial: ASEAN : Association of South East Asian Nation.

Menurut wilayah Internasional :

Organisasi Sosial dalam cakupan ini berarti suatu bentuk organisasi dari gabungan beberapa negara atau bentuk unit fungsi yang memiliki tujuan bersama mencapai persetujuan yg juga merupakan isi dari perjanjian atau charter. Contoh : Perserikatan Bangsa-Bangsa atau biasa disingkatPBB (bahasa Inggris: United Nations atau disingkat UN) adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara di dunia. Lembaga ini dibentuk untuk memfasilitasi dalam hukum internasional, keamanan internasional, pengembangan ekonomi, perlindungan sosial, hak asasi dan pencapaian perdamaian dunia.

Sedangkan Organisasi niaga hampir sama dengan regional tapi cakupannya/target penjualannya lebih luas wilayahnya meliputi negara di dunia.

Sumber :  – https://zeincom.wordpress.com/2011/10/22/onosori/

http://idadwiw.wordpress.com/2011/12/17/organisasi-niaga/

– http://ryanzzeka.wordpress.com/2014/11/16/perbedaan-organisasi-niaga-dan-organisasi-sosial/

Leave a comment