Resensi Buku

RESENSI BUKU NON FIKSI

Identitas Buku

  • Judul : If You Know What Happened in MCI
  • Penulis : Widya Arifianti
  • Penerbit : Loveable
  • Penyunting : M. Kahfie Julianto
  • Tahun Terbit : 2015
  • Tebal : 258 Halaman

Pembuka Resensi

Buku ini menceritakan tentang sejarah berdirinya fanspage Meme Comic Indonesia dan menceritakan bagaimana kehidupan para admin di MCI. di mulai dari Admin P, Admin S, Admin Kitty, hingga kasus di Hacknya fanspage MCI ini.

Jenis Buku

Pada Buku “If You Know What Happened in MCI” ini merupakan jenis buku non fiksi karena berisi tentang kehidupan para Admin MCI yang bersifat fakta.

Kelebihan

Kelebihan dari buku ini adalah pembaca bisa mengtahui bagaimana kehidupan para admin di MCI. di setiap dialognya selalu diselingi dengan humor sehingga membuat pembaca terhibur. Gambar-gambar meme dan humornya juga dapat menghibur serta tulisannya tidak terlalu berat dan mudah dipahami.

Kekurangan

Kekurangan dari buku ini adalah terlalu banyak menceritakan masalah percintaan dan ada sedikit kata – kata berbau dewasa serta terdapat sindiran yang cukup menyakitkan. sehingga sepertinya buku ini tidak layak dikonsumsi untuk anak – anak.

Nilai Buku

Nilai yang diajarkan dari buku ini adalah pentingnya rasa humor. karena tanpa adanya rasa humor hidup ini akan terasa datar atau flat.

RESENSI BUKU FIKSI

Identias Buku

  • Judul : Rindu
  • Penulis : Darwis Tere Liye
  • Penerbit : Republika
  • Tahun Terbit : 2014
  • Tebal : 544 halaman

Pembuka Resensi

Novel ini bercerita tentang perjalanan panjang sebuah kerinduan. Perjalanan kerinduan yang membawa banyak hal yang terbeban di hati. Mulai dari bagaimana ia menghadapi perjalanan dengan penuh dosa di masa lalu. Lalu seseorang yang melakukan perjalanannya dengan penuh kebencian. Ada punya dia yang kehilangan cintanya menjadi sebab mengapa ia melakukan perjalanan ini.

Jenis Buku

Pada buku “Rindu” ini merupakan jenis buku fiksi karena menciptakan karakter yang sebenarnya tidak ada atau karakter yang dibuat untuk menjalankan buku novel tersebut.

Kelebihan

Kelebihan buku ini adalah alur ceritanya yang begitu menarik dan mengalir untuk dibaca. Juga menyajikan nuansa latar yang berbeda. Yakni peristiwa kehidupan yang terjadi di atas kapal ibarat kapal uap besar itu adalah sebuah kampung.

Kekurangan

Kekurangan buku ini terletak pada sampul buku yang kurang begitu menarik. Tidak sebanding dengan isinya yang begitu menarik untuk dibaca. serta bahasa penulisannya sedikit sulit untuk dipahami.

Nilai Buku

Nilai yang diajarkan dari buku ini adalah untuk berpesan kepada pembaca, terutama kawula muda, bahwa contoh konkret cinta sejati adalah pasangan yang sudah berpuluh tahun mengarungi bahtera rumah tangga. Bukan kawula muda yang bergaul bebas, tanpa komitmen, dan melanggar begitu banyak rambu-rambu agama atas nama cinta.

Leave a comment